Drive Through & Online System

Pelayanan yang cepat dan efisien sudah menjadi tuntutan dalam setiap pelayanan publik di semua instansi pemerintah. Termasuk juga didalamnya adalah layanan Pengujian Kendaraan Bermotor. Kemudahan dan transparansi pelayanan juga sudah mulai diterapkan di setiap instansi pelayanan pemerintah. Semua aspek tersebut merupakan bagian dari perwujudan Good Government yang menjadi cita-cita kita semua.

Drive through System pada layanan pengujian kendaraan bermotor adalah sistem layanan yang memungkinkan pemilik kendaraan melakukan pengujian secara simultan melewati semua jenis pengujian dan langsung mendapatkan hasil pengujiannya dalam waktu yang sesingkat mungkin. Semua kendaraan diatur posisinya secara berderet sesuai dengan antrian saat pendaftaran.Sistem ini akan meminimalkan kecurangan dalam prosesnya karena data pengujian langsung dikirimkan ke data server untuk disimpan dan ditentukan hasil kelulusannya.Penguji akan dibekali dengan Gadget yang menjadi media dalam menuliskan hasil ujinya. Selain itu, ada beberapa alat pengujian yang langsung dapat mengirimkan hasil ujinya ke data server. Alat uji seperti ini akan menghilangkan potensi kecurangan dalam penulisan hasil uji.

Layanan Online pada layanan pengujian adalah sebuah layanan kepada masyarakat/pemilik kendaraan yang memungkinkan mereka untuk melakukan Reservasi Tanggal Uji, Cek data Kendaraan dan mengakses informasi-informasi seputar pengujian kendaraan bermotor.

Keuntungan dari Layanan Online adalah :

  1. Pemilik kendaraan dapat menentukan sendiri tanggal uji kendaraanya sesuai dengan kesiapan kendaraanya tanpa harus DATANG ke kantor pengujian.
  2. Menambah potensi Pendapatan Asli Daerah melalui NUMPANG UJI yang dapat dilakukan oleh kendaraan dari luar daerah sesuai dengan peraturan yang ada, tanpa harus dating ke tempat pengujian. Hal ini karena mereka dapat mendaftarkan pengujian kendaraanya dari manapun mereka berada.
  3. Pejabat berwenang dapat memonitor data kendaraan yang mendaftar secara real time, sehingga dapat mengambil kebijakan yang diperlukan sesuai dengan data yang ada.